Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Pendekatan Mind Map di Kelas V SD 02 Sapan Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.

Depi, Depi (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Pendekatan Mind Map di Kelas V SD 02 Sapan Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEPI _09905_2011.pdf] Text
final_B1_DEPI _09905_2011.pdf

Download (604kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkanketerampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 02 Sapan Kecamatan BaranginKota Sawahlunto. Kenyataan yang ditemui di SDN 02 Sapan bahwa kemampuansiswa dalam menulis narasi masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru masihmenggunakan pembelajaran konvensional di dalam pembelajaran menulis narasi,sehingga siswa merasa kurang termotivasi dalam pembelajaran menulis. Masalahdalam penelitian ini adalah siswa kurang mampu untuk menuangkan ide dangagasannya dalam menulis narasi. Sehingga siswa merasa kesulitan untukmemulai dari mana untuk menulis narasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatanketerampilan menulis narasi dengan menggunakan pendekatan Mind Map dikelas V SD. Kegiatan difokuskan pada setiap tahap yaitu tahap prapenulisan,penulisan, dan pascapenulisan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri darikegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masingmasing siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahhwa penggunaan pendekatan mind mapdapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis narasi. Peningkatantersebut terlihat dalam hal (1) penggunaan pendekatan mind map dapatmeningkatkan motivasi belajar siswa untuk belajar aktif, kreatif, danmenyenangkan, (2) Dengan pendekatan mind map dapat meningkatkanketerampilan siswa dalam menuangkan ide dan gagasan dalam menulis narasi,hal ini terlihat dalam setiap tahap prapenulisan, penulisan , dan pascapenulisan,(3) Keterampilan siswa menulis narasi telah meningkat dengan pendekatan mindmap. Ketuntasan siswa pada tahap prapenulisan 90%, tahap penulisan 75 %, dantahap pascapenulisan 91,66%. Keberhasilan menulis narasi setiap siswa di siklusII telah mencapai batas ketuntasan untuk setiap tahap yaitu 75%. Denganpenggunaan pendekatan mind map siswa menjadi terbantu menuangkan danmengembangkan ide dalam menulis narasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENULIS NARASI, PENDEKATAN MIND MAP
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:37
Last Modified: 20 Nov 2025 03:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29580

Actions (login required)

View Item
View Item