Anwar, Cici Arista (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pengelolaan Motivasional terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII SMP N 9 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CICI_ARISTA_ANWAR_88328_2011.pdf
Download (324kB)
Abstract
Kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi, menuntut guru mencari berbagai strategi pembelajaran
yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu diantaranya adalah
menerapkan Strategi Pengelolaan Motivasional. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Strategi Pengelolaan Motivasional
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi kelas VII semester II SMP N 9 Pariaman tahun pelajaran 2010-2011.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas VII SMP N 9 Pariaman,
sebagai sampel adalah siswa kelas VII 2 dan VII 3. Teknik penarikan sampel
dengan purposive sampling dan instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk
soal objektif sebanyak 40 butir soal yang dianalisis dengan uji t.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang
menerapkan Starategi Pengelolaan Motivasional 79,35 dengan standar deviasi (SD)
6,98 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak menerapkan Starategi
Pengelolaan Motivasional 70,16 dengan standar deviasi (SD) 5,60. Berdasarkan
perhitungan t-test diperoleh thitung 5,6211 besar dari ttabel 2,000 pada taraf
kepercayaan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Starategi
Pengelolaan Motivasional berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII SMP N 9 Pariaman.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:36 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 13:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29578 |
