Ramayani, Cici (2014) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CICI_ RAMAYANI_15710_1281_2014.pdf
Download (402kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan keterampilan menulis
karangan eksposisi sebelum menggunakan model Problem Based Learning siswa
kelas X SMA Negeri 1 Sungai Limau, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis
karangan eksposisisesudah menggunakan model Problem Based Learning siswa
kelas X SMA Negeri 1 Sungai Limau dan, (3) menganalisis pengaruh model
Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa
kelas X SMA Negeri 1 Sungai Limau
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu model Problem Based Learning
sebagai variabel pertama dan hasil keterampilan menulis karangan eksposisi siswa
kelas X SMA Negeri 1 Sungai Limau sebagai variabel kedua. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 269 orang yang tersebar 8 kelas dan sampel berjumlah 25
orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen
penelitian adalah unjuk kerja dan wawancara. Data penelitian ini adalah skor hasil
tes akhir (posttest) keterampilan menulis karangan eksposisi menggunakan
model Problem Based Learningsiswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Limau. Skor
hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk
mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi.
Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan
menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Limau sebelum
menggunakan model Problem Based Learning berada pada kualifikasi Cukup (C)
dengan nilai rata-rata 60,52. Kedua, keterampilan membaca apresiatif cerpen
setelah menggunaka model Problem Based Learning siswa kelas X SMA Negeri
1 Sungai Limau berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (C) dengan nilai ratarata 75,46. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada
taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = 48, karena thitung > ttabel (5,64
> 1,71).
Dengan demikian, disimpulkan bahwa model Problem Based Learning
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis karangan
eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Limau. Selain itu, model Problem
Based Learning direkomendasikan sebagai salah satu metode dalam keterampilan
menulis karangan eksposisi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:36 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29577 |
