Deswita, Deswita (2012) Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri 05 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DESWITA_ 59125_6274_2012.pdf [thumbnail of B1_01_DESWITA_ 59125_6274_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_DESWITA_ 59125_6274_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SD
Negeri 05 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat ditemui permasalahan yang
timbul di lapangan dimana tidak efektifnya pembelajaran pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan seperti keterampilan dalam membuka dan menutup
pelajaran, menjelaskan pelajaran dan mengelola kelas. Hal ini menyebabkan
kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru
pendidikan jasmani seperti: siswa merasa bosan atau tidak sesuai dengan pola
mengajar yang diterapkan guru, siswa memandang guru kurang menguasai bahan
pelajaran yang sedang disajikan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
mengetahui sejauhmana Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SD Negeri 05
Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Populasi pada penelitian ini adalah
Siswa-Siswi SD Negeri 05 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat Tahun
Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari siswa kelas IV sebanyak 235 orang yang
terdiri dari 98 siswa dan 135 siswi, kelas V sebanyak 204 orang yang terdiri dari
84 siswa dan 120 siswi serta kelas VI sebanyak 200 orang yang terdiri dari 84
siswa dan 116 siswi. Total populasi keseluruhan adalah sebanyak 639 orang.
Sampel dalam penelitian ini diambil 10 % dari siswa-siswi kelas IV dan kelas V
dengan menggunakan teknik Strata Stratified Purposive Random sampling yaitu
siswa kelas IV sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan,
kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Total
keseluruhan 44 orang. Alat pengumpul data dilakukan dengan angket berskala
Likert, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui
tabulasi frekuensi.
Hasil analisis data terhadap masing-masing variabel ditemukan : (1)
Persepsi siswa terhadap guru dalam membuka pembelajaran diklasifikasikan
“Cukup” dengan perolehan persentase (54,54%). (2) Persepsi siswa terhadap
guru dalam materi pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” yaitu dengan
perolehan persentase (58,40%). (3) Persepsi siswa terhadap guru dalam metode
pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” yaitu dengan perolehan persentase
(52,98%). (4) Persepsi siswa terhadap guru dalam menutup pembelajaran
diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (52,27%).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:42 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 06:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2957 |