Pengaruh Pemanfaatan VCD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang

Wincy, Choneron (2011) Pengaruh Pemanfaatan VCD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_CHONERON_WINCY_78927_1159_2011.pdf] Text
final_B1_CHONERON_WINCY_78927_1159_2011.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SMP N 4 Gunung Talang bahwa
proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kurang efektif.
Pembelajaran masih dilaksanakan dengan metode ceramah tanpa media yang
mendukung. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan pemanfaatan
media VCD Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pemanfaatan VCD pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang.
Hipotesis penelitian ini adalah terdapatnya perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar siswa yang menggunakan media VCD pembelajaran dengan hasil belajar
siswa yang menggunakan media sederhana pada mata pelajaran TIK di kelas VIII
SMP Negeri 4 Gunung Talang.
Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 121
orang, yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampelnya adalah purpossive
sampling, yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII4 sebagai kelas kontrol.
Jenis data dalam penelitian ini berbentuk data primer yaitu data yang diperoleh
langsung dari nilai siswa. Teknik pengumpul data adalah tes dan alat pengumpul data
adalah lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji
perbedaan (t-test).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu t hitung yang
diperoleh adalah 6,36 dan t tabel 2,042 dan dk 58 pada taraf signifikan

0,05 adalah
2,042. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media VCD
pembelajaran berbeda secara signifikan daripada hasil belajar siswa yang
menggunakan media sederhana. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan VCD
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Oleh karena itu VCD pembelajaran perlu diterapkan atau
dipergunakan oleh guru agar hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:34
Last Modified: 20 Nov 2025 13:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29569

Actions (login required)

View Item
View Item