Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Bantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hukum - Hukum Dasar Kimia di Kelas X SMA Adabiah Padang.

Septiola, Chindy Viviane (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Bantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hukum - Hukum Dasar Kimia di Kelas X SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_CHINDY VIVIANE S-73220-20``.pdf] Text
final_B1_CHINDY VIVIANE S-73220-20``.pdf

Download (184kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa diantaranya disebabkan oleh rendahnya
aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan
menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan
bantuan peta konsep selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining dengan bantuan peta konsep terhadap aktivitas dan
hasil belajar siswa. Model rancangan penelitian ini adalah” Randomized Control
Group Only Design”. Penelitian ini dilakukan di Kelas X SMA Adabiah Padang
tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Random Sampling, sehingga didapat kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas
X1 sebagai kelas kontrol. Pengamatan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi pada kedua kelas sampel, diperoleh hasilnya
bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas
kontrol yaitu 56,96% untuk kelas eksperimen dan 48,67% untuk kelas kontrol.
Dari analisis data hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen 67,55 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 59,20. Melalui uji
hipotesis menggunakan uji t’ diperoleh harga t’hitung = 2,84 dan harga ttabel = 1,68
pada α= 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel, artinya hasil belajar siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan
bantuan peta konsep lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa
dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:33
Last Modified: 20 Nov 2025 03:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29565

Actions (login required)

View Item
View Item