Peningkatan Perilaku Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Buku Cerita di TK Teratai Pertiwi Padang Pariaman

Poppiyoni, Chenci (2011) Peningkatan Perilaku Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Buku Cerita di TK Teratai Pertiwi Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_CHENCI_POPPIYONI_07815_2484_2011.pdf] Text
final_B1_CHENCI_POPPIYONI_07815_2484_2011.pdf

Download (214kB)

Abstract

Perilaku moral anak TK Teratai Pertiwi Kabupaten Padang Pariaman
masih jauh dari hasil belajar yang hendak dicapai. Hal ini dapat dilihat dari
perilaku negatif anak yang sangat menonjol. Salah satu penyebabnya adalah
upaya guru untuk menanamkan moral kepada anak dan metode pembelajaran
yang digunakan kurang tepat. Upaya yang dapat dilakukan untuk menanamkan
nilai-nilai moral yang baik kepada anak adalah melalui metode bercerita dengan
menggunakan buku cerita.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode bercerita
dengan menggunakan buku cerita dapat meningkatkan Perilaku moral anak.
Sebagai pelaksana penelitian ini adalah Chenci Poppiyoni dan Dwi Novira
sebagai observer, dengan subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B1 TK
Teratai Pertiwi Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 10 orang. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu penelitian yang
bersifat meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara profesional, guru
untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan. Data penelitian
diperoleh melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus. Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan
Perilaku moral anak dari siklus I yang pada umumnya masih rendah, setelah
dilakukan siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan menggunakan buku cerita
dapat meningkatkan perilaku moral anak di TK Teratai Pertiwi Kabupaten Padang
Pariaman.
Penulis menyarankan kepada pembaca agar skripsi ini dapat digunakan
sebagai sumber ilmu pengetahuan guna menambah wawasan dalam meningkatkan
perilaku moral anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:33
Last Modified: 20 Nov 2025 03:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29561

Actions (login required)

View Item
View Item