Venila, Dilla (2011) Kontribusi Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DILLA_VENILA_73637_169_2011.pdf
Download (130kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Iklim Kelas SMA Negeri Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok; (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok dan (3) kontribusi iklim kelas tehadaap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok
Jenis penelitian ini adalah penelitian inferensial, dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok yang berjumlah1350 orang yang tersebar pada 2 SMA Negeri.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling,besarnya sampel ditentukan oleh rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 93 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket model skala Likert
dengan lima kategori jawaban yang telah diuji validitas dan reliabelitasnya. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis Regresi sederhana, uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Iklim kelas di SMA Negeri Kecamatan Gunung Talang berada pada kriteria baik dengan rata-rata skor 3,68 atau jawaban berada pada kategori sering dan dengan tingkat capaian sebesar 77,6%, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn cukup baik. Hal itu dapat dilihat bahwa pada umumnya siswa lebih banyak memperoleh nilai 77 – 81 dengan persentase sebesar 29,04%, (3)Terdapat kontribusi yang berarti dari iklim
kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok yaitu sebesar 14%. Jadi dapat disimpulkan bahwa iklim kelas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa SMA Negeri Kecamata Gunung Talang Kabupaten Solok. Untuk itu iklim kelas perlu di tingkatkan lagi dengan jalan
memperbaiki dan mempertahankan hubungan yang baik antara siswa sesama siswa dan guru dengan siswa, pemilihan metode pembelajaran yang tepat,melengkapi sarana dan prasarana sekolah dan lain sebagainya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:33 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 13:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29558 |
