Hubungan Iklim Sekolah Dengan Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar

Gumba. M, Purinda (2015) Hubungan Iklim Sekolah Dengan Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_PURINDA_GUMBA_M_53960_698_2015.pdf] Text
final_B1_1_PURINDA_GUMBA_M_53960_698_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan penulis pada sekolah SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar yang menunjukkan kinerja guru yang masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru salah satunya adalah iklim sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang (1) kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya, (2) Iklim sekolah dan (3) Ada tidak adanya hubungan antara iklim sekolah dengan kierja guru di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah “terdapat hubungan yang berarti antara iklim sekolah dengan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajan di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar” Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yaitu melihat hubungan antara Iklim Sekolah Dengan Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Guru di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Populasi penelitian ini berjumlah 70 orang yaitu seluruh guru yang ada di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Sampel berjumlah 59 orang yang ditarik dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan melihat pada tabel Krejchi. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket model skala Likert dengan lima alternatif jawaban yang telah di uji Validitas dan Reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : iklim sekolah di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar sudah kondusif dan kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar sudah baik, serta terdapat hubungan yang berarti antara iklim sekolah dengan kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara iklim sekolah dengan kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Artinya iklim sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMP Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IKLIM SEKOLAH, KINERJA GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:32
Last Modified: 20 Nov 2025 03:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item
View Item