Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 35 Padang

Febrina, Cendira (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 35 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_CENDIRA FEBRINA-77521-2011.pdf] Text
final_B1_CENDIRA FEBRINA-77521-2011.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada fakta bahwa umumnya siswa tidak
menyukai pelajaran fisika. Hal ini dapat terjadi akibat siswa kurang terlibat secara
aktif dalam proses pembelajaran, dan kurangnya diskusi dalam proses
pembelajaran, sehingga hasil belajar fisika siswa belum menunjukkan hasil yang
memuaskan. Oleh sebab itu, perlu model pembelajaran yang mampu melibatkan
siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar fisika meningkat.
Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks menggunakan LKS dapat
diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, dan lebih aktif dalam
proses pembelajaran. Berdasarkan uraian diatas maka tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair
Checks Menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII
SMPN 35 Padang.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan rancangan
Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMPN 35 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2010/2011.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh
sampel kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas
kontrol. Penilaian hasil belajar ranah kognitif berupa soal objektif berbentuk
pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan
uji t. Penilaian hasil belajar pada ranah afektif dilakukan selama proses
pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 62,59 dan kelas kontrol 56,05. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung =
2,089 dan ttabel = 1,665 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung > ttabel maka Hi
diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 67,97 dan
kelas kontrol 63,44. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,03 dan ttabel = 1,665
pada taraf nyata 0,05, berarti thitung > ttabel maka Hi diterima. Dengan demikian
dapat disimpukan bahwa terdapat Pengaruh yang berarti Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Pair Checks menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika
Siswa Kelas VIII SMPN 35 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 02:26
Last Modified: 20 Nov 2025 02:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29549

Actions (login required)

View Item
View Item