Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Nofwanda, Deni (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DENI_NOFWANDA_76925_1568_2011.pdf] Text
final_B1_DENI_NOFWANDA_76925_1568_2011.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat hal sebagai berikut. Pertama,kurangnya kemampuan siswa dalam membaca, khususnya membaca pemahaman.Kedua, kurangnya kemampuan siswa dalam menulis, khususnya menulis paragrafeksposisi. Ketiga, keterbatasan waktu dalam pembelajaran membaca dan menulis.Keempat, kurangnya kemampuan siswa dalam mengeluarkan ide dan menuangkandalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikankemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang,(2) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIIISMP Negeri 15 Padang, dan (3) mendeskripsikan hubungan kemampuanmembaca pemahaman dengan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMPNegeri 15 Padang.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padangdengan sampel berjumlah 30 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatifdengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tesobjektif dan tes menulis. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan datamembaca pemahaman yang dimulai dengan memberikan tes uji coba sebanyak 60butir soal kemudian tes sebenarnya sebanyak 30 butir soal. Sebaliknya tes menulisdigunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis paragraf eksposisi .Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-halberikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIISMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (68.76). Kedua,kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padangberada pada kualifikasi cukup (64.00). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikanantara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragrafeksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang dengan pengujian hipotesismembandingkan nilai thitung dengan ttabel yang membuktikan bahwa thitung lebihbesar dari ttabel yaitu 7,37 > 1,70.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, KEMAMPUAN MENULIS, MENULIS EKSPOSISI
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2025 09:15
Last Modified: 19 Nov 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29538

Actions (login required)

View Item
View Item