Margaretta, Mia (2012) Hambatan-hambatan dalam Pelaksanaan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Produktif Tata Busana di SMKN 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_MIA MAGARETTA_94225.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penetapan KKM menjadi tolak ukur keberhasilan seorang siswa dalam
setiap pembelajaran. Adanya kriteria-kriteria yang harus diperhatikan dalam
menetapkan KKM, mengakibatkan guru harus benar-benar memahami kriteria
yang ada sehingga guru dapat menetapkan KKM yang tidak merugikan siswa.
Masalah dalam penelitian ini adalah adanya kesulitan guru dalam menetapkan
KKM mata pelajaran Produktif Tata Busana di SMKN 1 Lembah Gumanti.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan KKM mata pelajaran
Produktif Tata Busana di SMKN 1 Lembah Gumanti, ditinjau dari kriteria-kriteria
penetapan KKM yaitu intake (kemampuan siswa). kompleksitas (tingkat kesulitan
indikator), dan daya dukung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dan informan
penelitiannya adalah Guru Produktif Tata Busana SMKN 1 Lembah Gumanti
yang berjumlah 5 (lima) orang. Untuk memperoleh data yang lebih akurat peneliti
menambahkan informan lain seperti Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, dan 4
(empat) orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi, agar data lebih valid digunakan trianggulasi data. Teknik pengolahan
data adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum pelaksanaan KKM mata
pelajaran Produktif Tata Busana di SMKN 1 Lembah Gumanti, dimana guru
masih mengalami kesulitan yaitu pada kriteria intake (kemampuan siswa),
sulitnya guru melakukan penilaian kemampuan siswa dikarenakan kemampuan
siswa yang berbeda-beda. Pada kriteria kompleksitas aspek yang mengalami
kesulitan adalah sumber daya guru dan sumber daya siswa dimana guru sulit
menyesuaikan kompleksitas materi dengan kemampuan siswa. Serta pada kriteria
daya dukung, kurangnya sarana prasarana pendidikan yang menunjang proses
pembelajaran, dan jumlah Guru Produktif Tata Busana yang tidak memenuhi
standar ideal. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
masih terdapat banyak kesulitan dalam pelaksanaan KKM mata pelajaran
Produktif Tata Busana di SMKN 1 Lembah Gumanti.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 05:26 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 05:26 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29521 |
