Sugihartati, Agnes (2019) Korelasi Keterampilan Menyimak Apresiatif Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_Agnes_Sugihartati_14016094_1122_2019.pdf [thumbnail of B1_01_Agnes_Sugihartati_14016094_1122_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_Agnes_Sugihartati_14016094_1122_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
menyimak apresiatif teks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman. Kedua,
mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri
2 Pariaman, dan Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan menyimak
apresiatif teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XII
SMA Negeri 2 Pariaman.
Teori yang berhubungan dengan penelitian ini adalah teori tentang (a)
keterampilan menulis, (b) teks cerpen, dan (c) keterampilan menyimak apresiatif.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain
yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman yang terdaftar pada
tahun ajaran 2018/2019, yaitu 268 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini
ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40
orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak
apresiatif teks cerpen dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen. Data
tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur
keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen dan tes unjuk kerja untuk
mengukur keterampilan menulis teks cerpen.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menyimak apresiatif
teks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih
dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,21. Kedua, keterampilan menulis teks
cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari
cukup (LdC) dengan rata-rata 75,00. Ketiga, terdapat korelasi keterampilan
menyimak apresiatif teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa
kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf
kepercayaan 95%. Nilai thitung (3,56) lebih besar dari ttabel (1,68) yaitu thitung > ttabel
(3,56>1,68) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian
membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen mempunyai korelasi dengan
keterampilan menulis teks cerpen. Semakin baik keterampilan menyimak
apresiatif teks cerpen akan semakin baik pula keterampilan menulis teks
cerpennya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Cerpen |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 05:11 |
Last Modified: | 15 Mar 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2952 |