Safitri, Merry (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Menjahit Blus dengan Menggunakan Media PowerPoint pada Siswa Tunarungu di SMALB Prof. DR. Sri Soedewi Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_MERRY_ SAFITRI_94231_773_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam pembelajaran tata busana di SLB Prof. Dr. Sri Soedwi Jambi
aktivitas belajar siswi rendah dikarenakan media yang digunakan oleh guru terlalu
sedehana seperti jobsheet, sehingga informasi yang disampaikan oleh guru kurang
bisa diterima dengan baik oleh siswi, disamping itu kuranganya bimbingan guru
terhadap materi pembelajaran praktek pembuatan blus ke pada siswi. Aktivitas
belajar dalam penelitian ini dapat dilihat dari ketiga indikator yaitu: Visual
activities, motor activities, dan emotional activities. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa tuna rungu dalam menjahit blus
wanita dengan menggunakan media powerpoint dalam mata pelajaran pembuatan
blus wanita di SLB Prof. DR. Sri Soedewi Jambi.
Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
II siklus. Subyek penelitian adalah siswa SLB Prof. DR. Sri Soedewi Jambi
rombel SMALB, yang berjumlah 9 orang dalam mata pelajaran pembuatan blus
wanita. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi dak teknik
analisa data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada
indikator waktu berlatih menjahit blus wanita pada siklus I cukup, setelah
diadakan refleksi pada siklus II meningkat menjadi tinggi. Pada indikator motor
activities pada sub indikator melakukan uji coba alat dan membuat blus wanita
pada siklus I cukup, setelah dilakukan refleksi pada siklus II meningkat menjadi
tinggi. Indikator Emotional activities pada sub indikator bersemangat , berani
dalam membuat blus pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II
meningkat menjadi tinggi, berarti aktivitas siswa sudah tercapai sesuai dengan
pencapaian target yang telah ditetapkan yaitu pada siklus I Pada indikator visual
activities dengan rata-rata 62% baik sedangkan pada siklus II dengan rata-rata
82% baik sekali, pada indikator motor activities pada siklus I dengan rata-rata
65% baik pada siklus II dengan rata-rata 86% baik sekali,sedangkan pada
indikator emotional activities pada siklus I dengan rata-rata 65% baik, pada siklus
II dengan rata-rata 83% bai sekali. Jadi berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan media powerpoint dan jobsheet dalam
proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembuatan
blus.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 05:25 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 05:26 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29519 |
