Sriwahyuni, Elsa (2011) Media Flashcard dengan Learning by Doing dalam Pembelajaran Sistem Periodik Unsur di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELSA SRIWAHYUNI-78275-2011.pdf
Download (147kB)
Abstract
Media yang digunakan dalam pembelajaran Sistem Periodik Unsur
seperti table, LKS, Hand Out, dan Power Point masih menuntut guru
menggunakan metode mengajar informatif. Guru masih berperan aktif untuk
menginformasikan konsep yang terdapat dalam pembelajaran. Sedangkan
siswa hanya sebagai objek pembelajaran saja. Dengan kondisi tersebut maka
dibuatlah suatu media pembelajaran berupa set flashcard dengan suatu
masalah penelitian yaitu “Apakah media flashcard dengan metode learning
by doing yang dibuat layak untuk pembelajaran Sistem Periodik Unsur?”.
Penelitian ini menggunakan metode R&D. Uji kelayakan dilakukan
pada aspek fungsi atensi menggunakan lembar observasi, dan aspek fungsi
afektif serta kognitif menggunakan angket. Yang menjadi responden untuk
penelitian ini adalah guru dan seluruh murid kelas X RSMABI 10 Padang,
serta dosen dan mahasiswa jurusan Kimia FMIPA UNP. Data observasi
diolah dengan rumus persentase dan rating scale. Sedangkan data angket
diinterprestasikan dengan skala Likert.
Dari hasil penelitian didapat nilai kelayakan yaitu untuk fungsi atensi
adalah 4 pada rating scale, 4,37 untuk fungsi afektif, dan 4,35 untuk fungsi
kognitif pada skala Likert. Dengan demikian media pembelajaran berupa set
flashcard sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pokok
bahasan Sistem Periodik Unsur. Hal ini disebabkan karena dengan
tercapainya fungsi media, maka media akan mampu membantu siswa untuk
berperan aktif dalam belajar dan menciptakan interaksi edukatif.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 03:59 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29510 |
