Peningkatan Aktivitas Belajar Menggunakan Media Berbasis Komputer dengan Program Power Point dalam Pokok Bahasan Koloid

Elmisnar, Elmisnar (2011) Peningkatan Aktivitas Belajar Menggunakan Media Berbasis Komputer dengan Program Power Point dalam Pokok Bahasan Koloid. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ELMISNAR-75012-2011.pdf] Text
final_B1_ELMISNAR-75012-2011.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan slide power point
mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pokok bahasan koloid. Jenis penelitian ini
adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama empat kali pertemuan dalam dua
siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Kartika 1-5 Padang yang
berjumlah 38 orang siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan observasi terhadap aktivitas belajar siswa
dalam pokok bahasan sistim koloid yang dibantu oleh dua orang observer. Aktivitas belajar
siswa yang diamati adalah siswa yang memperhatikan penayangan slide power point, siswa yang
berdiskusi dan siswa yang mengerjakan kertas tugas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan
siklus I dan II untuk masing-masing aktivitas belajar siswa yang sudah diamati.
Persentase aktivitas siswa yang memperhatikan penayangan slide power point dalam
siklus 1 (100%) dan siklus 2 (100%) sehingga tergolong dalam kriteria sangat berhasil.
Selanjutnya, persentase aktivitas siswa yang berdiskusi dalam siklus 1 (89,1%) dan siklus 2
(94,7%) sehingga tergolong dalam kriteria sangat berhasil sedangkan persentase aktivitas siswa
yang mengerjakan kertas kerja dalam siklus 1 (90,5%) dan siklus 2 (94,7%) sehingga tergolong
dalam kriteria sangat berhasil. Berdasarkan persentase aktivitas belajar siswa tersebut, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media berbasis computer dengan program power point dalam
mengajarkan pokok bahasan sistim koloid dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 19 Nov 2025 03:16
Last Modified: 19 Nov 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29501

Actions (login required)

View Item
View Item