Elmiati, Elmiati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan CTL di Kelas V SDN 30 Air Dingin Kec. Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELMIATI_09519_2012.pdf
Download (200kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengalaman peneliti di SDN 30 Air Dingin, hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS masih rendah, serta dalam pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru masih dengan menggunakan pendekatan pembelajaran
yang kurang bervariiasi. Hal ini mengakibatkan nilai siswa kelas V rendah, yakni
pencapain nilai rata-rata siswa 6. Untuk itu melalui penelitian ini peneliti mencoba
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dan hasil belajar. Pendekatan yang
digunakan yaitu pendekatan kontekstual.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengguunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sebagai subjek penelitian adalah seluruh
siswa kelas V dengan jumlah 20 orang, 7 laki-laki dan 13 orang perempuan. Data
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terlihat peningkatan hasil belajar siswa pada tes tindakan siklus I pertemuan I ratarata
hasil belajar siswa 69 pertemuan II nilai rata-rata siswa 72. Sedangkan pada
tes akhir tindakan siklus II rata-rata nilai siswa 80. Maka disini penulis dapat
menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V SDN 30 Air Dingin.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 03:16 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29500 |
