Sunaria, Elmi (2008) Penerapan Pendekatan Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Bagi Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Terandam Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELMI SUNARIA 81534-08.pdf
Download (93kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti dalam
peningkatan keterampilan berbahasa siswa kelas II SDN 02 Terandam Kecamatan
Padang Timur Kota Padang. Dalam pembelajaran peningkatan keterampilan
berbahasa guru masih mengindikasikan mengajarkan mata pelajaran secara
terpisah-pisah dengan arti kata belum tematik. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan penerapan pendekatan tematik untuk meningkatkan
keterampilan berbahasa yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang
terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) penilaian.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini meliputi
(1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Kegiatan
penelitian meliputi (1) kegiatan prapenelitian yang terdiri dari studi pendahuluan,
serta penyusunan rancangan, (2) kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari
tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, dan (3)
kegiatan pascapenelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan
secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi
tentang dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil
wawancara, kumpulan catatan setiap tindakan perbaikan, dan tes akhir
pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peneliti (praktisi) dan siswa kelas II
SD terteliti yang berjumlah 31 orang. Setelah data terkumpul data disesuaikan
dengan teknik kualitatif.
Penerapan pendekatan tematik untuk meningkatkan keterampilan
berbahasa ternyata meningkat. Hal ini terlihat dari proses dan hasil. Hasil
penelitian siklus I ternyata tingkat keberhasilan dari proses pelaksanaan oleh guru
75%, dan hasil ketercapaian siswa 70%. Pada siklus II tingkat keberhasilan dari
proses pelaksanaan guru 85%, dan ketercapaian siswa 80%
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:56 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:56 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29493 |
