Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Teknik Fernald bagi Anak Tunagrahita Ringan: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D.1 di SLB/C Payakumbuh

Zuriati, Zuriati (2012) Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Teknik Fernald bagi Anak Tunagrahita Ringan: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D.1 di SLB/C Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Zuriati_58479-2010.pdf] Text
final_B1_Zuriati_58479-2010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di lapangan, dimana pada kelas
D.I SLB/C Payakumbuh yang di dalamnya ada dua orang anak tunagrahita ringan
dan satu orang guru. Ketika dilaksanakan pembelajaran menulis permulaan, guru
masih menggunakan metode dan teknik konvensional (ceramah, demonstrasi,
pemberian tugas). Namun hasil yang diperoleh: hasil tulisan anak terutama huruf
vokal (a, i, u, e, o) belum terbaca dengan jelas, dan tulisannya belum menyerupai
bentuk huruf yang sebenarnya. Sementara itu, hasil asesmen menunjukkan
kemampuan motorik halus dan kasar anak tidak ada masalah. Berdasarkan hal
tersebut tersebut di atas peneliti mencoba menggunakan teknik Fernald untuk
meningkatkan kemampuan menulis permulaan, sehingga tulisan anak dapat
terbaca. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses penggunaan
teknik Ferrnald dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan, dan 2)
membuktikan efektifitas penggunaan teknik Fernald dalam meningkatkan
kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita ringan.
Penelitian ini diangkat dengan menggunakan metode penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan berkolaborasi dengan
teman sejawat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes, kemudian
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran menulis
dengan teknik Fernald dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing ada enam
pertemuan yang diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan (melibatkan
indera visual, auditif, kinestetik dan taktil) dan kegiatan akhir. 2) Hasil
pembelajaran menulis (a-i-u-e-o) dengan teknik Fernald pada tes awal nilai
kemampuan menulis IR dan RH masih (0%). Siklus I nilai kemampuan menulis
anak meningkat yakni: IR (50) dan RH (30). Sedangkan siklus II bertambah
meningkat yakni IR memperoleh (100) dan RH memperoleh (90) dari 10 kata
yang diujikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik Fernald dapat
meningkatkan kemampuan menulis permulaan bagi Anak Tunagrahita Ringan
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D.1 di SLB/C Payakumbuh. Disarankan pada
sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan teknik Fernald
dalam berlatih menulis anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:54
Last Modified: 19 Nov 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29483

Actions (login required)

View Item
View Item