Meirafoni, Yummi (2014) The effect of using Anticipation Guide Strategy on Students’ Reading Comprehension at Second Grade of SMAN 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUMMI_MEIRAFONI_12259_1589_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam belajar bahasa Inggris, karena dengan membaca mereka akan mengetahui banyak hal di sekeliling nya. Namun, peneliti menemukan beberapa masalah siswa dalam kemampuan membaca teks berbahasa Inggris ketika mengikuti PPLK (Program Pengalaman Lapangan Kependidikan) di SMA N 1 Batusangkar. Penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan dan wawasan siswa sebelumnya tentang teks yang akan dipelajari, keterbatasan kosa kata bahasa Inggris, kurangnya minat baca dan teknik yang digunakan guru dalam mengajar belum efektif untuk membantu pemahaman membaca siswa. Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh anticipation guide strategy terhadap kemampuan membaca siswa pada teks narrative, report dan analytical exposition. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program IPA di SMA N 1 Batusangkar. Setelah dilakukan teknik cluster random sampling, maka ditetapkanlah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 sebagai kelas sampel, dimana kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Data didapatkan dari tes pemahaman membaca siswa terhadap teks narrative, report dan analytical exposition pada posttest. Selanjutnya, hasil posttest siswa yang telah dianalisa dibandingkan dengan t-table pada level signifikan 0.05. Dari penghitungan data tersebut, diperoleh hasil bahwa t-obtained pada posttest siswa kelas eksperimen adalah 3.8. Berdasarkan hasil analisa tersebut, ditemukan bahwa t-obtained pada posttest (3.8) > t-table (2.00). Hal ini menunjukkan bahwa anticipation guide strategy memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa kelas XI pada teks narrative, report dan analytical exposition.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ANTICIPATION GUIDE STRATEGY, TEACHING READING COMPREHENSION |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:54 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29482 |
