Elizawarni, Elizawarni (2011) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Al Qur`an melalui Metode Iqra` bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB Lima Kaum Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELIZAWARNI_71996_284_2011.pdf
Download (508kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah anak tunagrahita ringan
yang belum mengenal huruf-huruf Al Qur`an atau huruf-huruf hijaiyah. Hal
ini disebabkan kurangnnya perhatian orang tua untuk menyuruh anaknya
pergi mengaji ke Taman Pendidikan Al Qur`an (TPA) yang ada di
mushollah disekitar tempat tinggal mereka. Lemahnya semangat orang tua
untuk menyerahkan anaknya belajar mengaji juga disebabkan oleh faktor
rasa malu memiliki anak tunagrahita ringan. Dalam belajar mengaji bersama
anak-anak normal, anak tunagrahita ringan selalu ketinggalan karena daya
serap anak anak tunagrahita ringan berada di bawah daya serap anak-anak
normal. Selain itu disebabkan juga belum adanya guru bidang studi agama,
kurang tersedianya buku-buku panduan dalam mata pelajaran agama dan
karena tidak adanya guru bidang studi agama maka guru kelaslah yang
mengajarkan mata pelajaran agama. Sedangkan sama-sama diketahui bahwa
tidak semua guru kelas ahli dalam mengajarkan metode Iqra` kepada anak
didiknya.
Berkenaan dengan hal tersebut, peneliti bertujuan meningkatkan
kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal huruf-huruf Al Qur`an
atau huruf-huruf hijaiyah melalui metode Iqra`. Pada tes awal tingkat
kemampuan anak dibawah 60 %, yaitu RM 40 %, VA dan QR masingmasingnya
50 %. Pada siklus I kemampuan anak membaca huruf Al Qur`an
meningkat menjadi : RM 50 %, VA 70 % dan QR 80 %. Pada siklus II
Kemampuan anak membaca huruf Al Qur`an meningkat menjadi : RM 55
%, VA 75 % dan QR 85 %. Pada siklus III kemampuan anak ,membaca
huruf Al Qur`an meningkat lagi menjadi : RM 85 %, VA dan QR masingmasingnya
90 %. Hal ini menunjukan bahwa metode Iqra` tidak hanya
berhasil untuk anak-anak normal tetapi juga berhasil terhadap anak-anak
tunagrahita ringan.
Berdasarkan analisis semua data penelitian dapat disimpulakan bahwa
: metode Iqra` dapat meningkatkan kemampuan anak tunagrahita ringan
dalam mengenal huruf-huruf Al Qur`an atau huruf-huruf hijaiyah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:29 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29473 |
