Dona, Eliza (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Palupuh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELIZA_DONA_50581_2011.pdf
Download (210kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas V SD N 02 Palupuh,
pelaksanaan pembelajaran masih bersifat konvensional, guru cenderung lebih aktif
sebagai pemberi informasi bagi siswa. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi pasif
yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu penelitian ini
berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD N 02 Palupuh
dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD N 02
Palupuh.
Penelitian dilaksanakan di kelas V SD N 02 Palupuh, dengan jumlah siswa
31 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penelitian ini
menggunakan pendekatan kwalitatif dan kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan teman
sejawat, dimana teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah hasil
observasi kegiatan guru dan siswa, evaluasi. Langkah-langkah pelaksanaan
pembelajaran dengan pendekatan kontekstual adalah konstruktivisme,
menemukan (inkuiri), bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan
penilaian yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat
meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SD N 02 Palupuh. Dimana
peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif nilai rata-rata siswa pada
siklus I berada 51,61% pada taraf kurang dan siklus II 83,87% berada pada taraf
baik, untuk aspek afektif siklus I menunjukkan 73,57% berada pada taraf cukup
sedangkan pada siklus II menunjukkan 81,70% berada pada taraf baik. Untuk
aspek psikomotor siklus I menunjukkan 73,49% (cukup) sedangkan pada siklus II
menunjukkan 81,61% berada pada taraf baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas,
maka pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SDN 02 Palupuh.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:29 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29471 |
