Is, Warnita (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Membuat Sulaman Pipih untuk Hiasan Alas Meja melalui Strategi Cooperative Tipe Direct Learning di SMPN 4 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_WARNITA IS_51256_2012_4484.pdf
Download (653kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini disebabkan belum bervariasinya
pelaksanaan metode pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa rendah dalam
membuat sulaman pipih. Tujuan penelitian adalah meningkatkan motivasi belajar
siswa membuat sulaman pipih untuk hiasan alas meja melalui strategi cooperative
tipe direct learning di SMP N 4 Payakumbuh.
Motivasi siswa dalam penelitian ini dapat dilihat dari tiga indikator yaitu:
Senang mencari dan memecahkan masalah, bersemangat dan berkerja keras, tekun
dalam menghadapi tugas. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri dari siklus I dan siklus II tiap siklus tiga kali pertemuan, satu kali
pertemuan dua kali 40 menit. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.8 SMPN 4
Payakumbuh, yang berjumlah 28 orang siswa.Teknik pengumpulan data adalah
observasi dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada
indikator: senang mencari dan memecahkan masalah pada siklus I motivasi
belajar siswa yang tinggi 52%, sedang 22%, rendah 28%, dan pada siklus II
meningkat motivasi belajar siswa yang tinggi 82%, sedang 9%, rendah 10%,
bersemangat dan berkerja keras, pada siklus I motivasi belajar siswa yang tinggi
63%, sedang 23%, rendah 16%, meningkat pada siklus II, yang motivasi belajar
siswa yang tinggi 88%, sedang7%, rendah 6%, tekun dalam mengerjakan tugas,
motivasi belajar siswa pada siklus I motivasi belajar siswa yang tinggi 75%,
sedang 16%, rendah 10%, meningkat pada siklus II yang tinggi 88%, sedang 8%,
rendah 8%. Jadi rata-rata persentase pada tiga indikator tersebut siklus I motivasi
siswa tinggi 63%, sedang 20%, rendah 18%, dan siklus II motivasi belajar siswa
tinggi 86%, sedang8%, rendah 8%. Berarti motivasi belajar siswa sudah tercapai,
dengan target pencapaian yang sudah ditetapkan yaitu 80%. Jadi dengan strategi
cooperative tipe direct learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa, dalam membuat sulaman pipih untuk hiasan alas meja.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:24 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29458 |
