Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Sulaman Bayangan pada Jilbab Melalui Model Direct Learning Kelas XI SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban

Efni, Widia (2012) Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Sulaman Bayangan pada Jilbab Melalui Model Direct Learning Kelas XI SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_WIDIA EFNI_52801_2012_4723.pdf] Text
final_B1_11_WIDIA EFNI_52801_2012_4723.pdf

Download (889kB)

Abstract

Permasalahan rendahnya motivasi siswa dalam membuat sulaman bayangan
disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan guru kurang sesuai dengan
materi menghias jilbab dengan sulaman bayangan. Motivasi siswa dalam penelitian ini
dilihat dari tiga indikator: senang, bersemangat, tekun. Tujuan penelitian adalah
meningkatkan motivasi siswa membuat sulaman bayangan di SMAN 1 Kecamatan
Lareh Sago Halaban.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus
setiap siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMAN 1
Kecamatan Lareh Sago Halaban yang berjumlah 30 orang siswa dengan target capaian
75%. Data dikumpulkan dengan observasi, catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa pada indikator senang
dalam mendisain motif pada sulaman bayangan pada siklus I rata-rata persentase 58%
dikategorikan sedang, pada siklus II 77% dikategorikan tinggi . Bersemangat dalam
menciplak motif untuk hiasan jilbab, pada siklus I rata-rata persentase 63%
dikategorikan sedang, pada siklus II 81% dikategorikan tinggi sekali. Tekun pada siklus
I persentase 69% dikategori sedang, pada siklus II rata-rata menjadi 77% dikategori
tinggi. Jadi motivasi belajar siswa rata-rata pada siklus I 63% dikategorikan sedang,
pada siklus II 78% dikategori tinggi, artinya telah mencapai target capaian melebihi
75%. Jadi dapat disimpulkan dengan metode cooperative tipe direct learning dapat
meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran membuat sulaman bayangan pada
hiasan jilbab.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:23
Last Modified: 19 Nov 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29454

Actions (login required)

View Item
View Item