Asmara, Delvi (2011) Pengaruh Penggunaan Program Aplikasi Animasi Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DELVI ASMARA-66353-2012.pdf
Download (219kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa yang berada di bawah standar ketuntasanminimal (KKM) menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang telahdi tetapkan. Permasalahan yang terjadi di lapangan merupakan efek dari sistempembelajaran dengan metode konvensional yang membuat siswa merasa jenuhdan bosan dalam mengikuti proses belajar mengajar. Sehingga mempunyaipengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa. Keberhasilan dapat di capai jikasiswa berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. salah satu mediayang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran adalah penggunaan mediaaplikasi animasi audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikanhipotesis bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajarsiswa yang di ajar dengan Media aplikasi animasi audio visual dibandingkandengan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan cara pembelajarankonvensional di SMA Negeri 2 Sungai Limau.Berdasarkan jenis dan desain yang digunakan, rancangan penelitian iniberupa eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS1 dan XI IPS 2 yang dipilih dengan metode Random purposif sampling yaitu suatucara pengambilan sampel yang sengaja dipilih oleh peneliti berdasarkan sifat dankarakteristik yang sama. Dimana kelas experimen sebanyak 30 orang siswa dankelas kontrol sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah test tertulis (kognitif).Pada pembahasan ini dapat dibuktikan bahwasanya pada Kelas eksperimenyang diajar dengan menggunakan media aplikasi animasi audio visual didapatkanrata-rata kelas 75,66 dengan total skor 2270 dan kelas kontrol dengan rata-ratakelas 70,33 dan total skor 2110. Berdasarkan hipotesis yang diajukan bahwaterdapatnya perbedaan yang signifikan antara kelas yang diajar menggunakanmedia aplikasi animasi audio visual dengan kelas yang diajarkan secarakonvensional dapat dibuktikan, dengan selisih rata-rata pencapain kedua kelassekitar 5 poin, berarti perbandingan dari kedua kelas ini bagi guru yang mengajardapat menarik kesimpulan bahwasanya hasil pencapaian oleh kelas XI IPS 1 yangdiajar dengan media aplikasi animasi audio visual adalah pencapaian yangmemuaskan dan lebih baik dari sebelumnya. Berarti terdapat perbedaan yangsignifikan terhadap hasil belajar tersebut.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PROGRAM APLIKASI, ANIMASI AUDIO VISUAL, HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:22 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:23 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29450 |
