Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau di Kelas VIII1 SMP Muhammadiyah 6 Padang

Zuraida, Zuraida (2009) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau di Kelas VIII1 SMP Muhammadiyah 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZURAIDA 90663-09.pdf] Text
final_B1_ZURAIDA 90663-09.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui
penggunaan metode tanya jawab pada mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau
(BAM) di SMP Muhammadiyah 6 Padang. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah :
meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tanya jawab
pada mata pelajaran BAM di kelas VIII1 SMP Muhammadiyah 6 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Siswa yang diteliti satu kelas
yaitu kelas VIII.1 terdiri dari 37 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Data
dikumpulkan melalui observasi dan pemberian tes hasil belajar. Kriteria ketuntasan
minimal mata pelajaran BAM yang ditetapkan yaitu 70%, data dianalisa secara statistik
dengan rumus persentase dan t-test.
Hasil analisis terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada setiap
siklus mengalami peningkatan, sedangkan guru umumnya telah melakukan aktivitas yang
seharusnya dilakukan dalam pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa mulai dari Pra
siklus sampai siklus II mengalami peningkatan mulai dari 62,8% sampai 75,7%.
Ketuntasan hasil belajar secara klasikal juga semakin lama semakin tinggi mulai dari
27,03% sampai 83,78%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (classroom action
research) dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran tanya jawab dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran BAM. Implikasi dari
penelitian ini perlu peningkatan lebih dalam bagi guru dalam upaya mengembangkan
salah satu metode pembelajaran dengan metode tanya jawab. Disarankan kepada
pengambilan kebijakan untuk selalu memberikan bimbingan dan dukungan untuk
menerapkan metode pembelajaran tanya jawab bagi guru-guru dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akifitas belajar, hasil belajar, metode tanya jawab.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:22
Last Modified: 19 Nov 2025 02:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29445

Actions (login required)

View Item
View Item