Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Teknik Group Sequensing (GS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang

Nuari, Zulvi (2008) Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Teknik Group Sequensing (GS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZULVI NUARI 60020-04-08.pdf] Text
final_B1_ZULVI NUARI 60020-04-08.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan membaca
pemahaman dengan teknik group sequensing siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian
ini berjumlah 30 orang, yang terdiri dari kelas VIII/1 sebanyak 10 orang, kelas VIII/2
sebanyak 10 orang dan kelas VIII/ 3 sebanyak 10 orang. Instrumen yang digunakan
adalah tes kemampuan membaca pemahaman dengan teknik group sequensing.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kemampuan membaca
pemahaman dengan teknik group sequensing siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang,
adalah sebagai berikut: (1) pembaca berada pada tingkat sempurna tidak ada (0,0 %), (2)
pembaca berada pada tingkat hampir cukup 17 orang (56,7 %), dan (3) pembaca tingkat
kurang 13 orang (43,3 %). Secara umum, berdasarkan rata-rata hitung (M), kemampuan
membaca pemahaman dengan teknik group sequensing siswa kelas VIII SMP Negeri 28
Padang, berada pada tingkat instruksional (M = 5,07 %).
Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru SMP Negeri 28 Padang agar
senantiasa memotivasi siswa untuk gemar membaca. Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri
28 Padang diharapkan agar berusaha menciptakan dan mencari teknik membaca
pemahaman yang lebih bervariasi, sehingga pembelajaran membaca tidak membosankan
bagi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:21
Last Modified: 19 Nov 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29436

Actions (login required)

View Item
View Item