Hubungan Kreativitas Mahasiswa dengan Hasil Belajar Praktek pada Mata Kuliah Perawatan dan Penataan Rambut Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga FT UNP

Mentari, Mega (2013) Hubungan Kreativitas Mahasiswa dengan Hasil Belajar Praktek pada Mata Kuliah Perawatan dan Penataan Rambut Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_MEGA_ MENTARI_ 90819_2013.pdf] Text
final_B1_11_MEGA_ MENTARI_ 90819_2013.pdf

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang dari permasalahan yang menunjukkan rendahnya
hasil belajar mahasiswa dalam kegiatan praktek pada mata kuliah Perawatan dan Penataan
Rambut mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias Dan Kecantikan Jurusan
Kesejahteraan Keluarga FT UNP. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan
kreativitas mahasiswa dengan hasil belajar praktek pada mata kuliah perawatan dan
penataan rambut.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Program Studi Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga FT
UNP yang terdaftar pada semester Januari-Juni 2013 yang berjumlah 25 orang sedangkan
karena populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan
sampel penelitian. Teknik pengambilan data adalah menggunakan angket (kuesioner)
dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, teknik
analisis tingkat pencapaian responden dengan rumus persentase, uji persyaratan analisis
dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan analisis koefisien
korelasi dengan menggunakan Pearson Korelasi Product Moment dan dilanjutkan dengan uji
t untuk analisis keberartian koefisien korelasi.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pencapaian responden secara
keseluruhan terhadap variabel kreativitas sebesar 65,3% dengan kategori rendah, hasil
belajar mahasiswa dengan tingkat pencapaian responden tertinggi sebesar 76% pada nilai
antara 71-80. Hipotesis Ha yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara kreativitas mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan
dan penataan rambut dengan korelasi sebesar 0,459 dengan interprestasi sedang. Dari hasil
penelitian dapat disarankan bagi semua unsur yang terkait dengan pembelajaran perawatan
dan penataan rambut untuk dapat meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa melalui upaya
penggunaan sumber belajar dan strategi pembelajaran yang lebih memicu meningkatnya
kreativitas belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:20
Last Modified: 19 Nov 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29430

Actions (login required)

View Item
View Item