Maresta, Yulrega (2011) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Media Lembar Kerja Praktek (LKP) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VII SMP N 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULREGA_MARESTA_79043_950_2011.pdf
Download (246kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyatan di Sekolah bahwa tersedianya fasilitas labor komputer yang memadai belum mampu menjamin hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran TIK dengan optimal. Apalagi bahan kajian pembelajaran TIK pada kelas VII semester 2 lebih bersifat aplikatif dan produktif. Untuk itulah dilihat apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dengan mengggunakan Lembar Kerja Praktek (LKP) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII SMP N 31 Padang. Penggunaan LKP ini didasari pula bahwa guru belum merancang suatu panduan praktikum khususnya di kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan LKP terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran di kelas VII SMP 31 Padang Tahun Ajaran 2010/2011. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan media LKP terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VII SMP 31 Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif berbentuk quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 31 Padang. Adapun pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel atas dasar pertimbangan hal-hal yang bersifat homogen pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t- test). Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan uji t dengan kriteria diterima hipotesis kerja jika t hitung > t tabel. Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 74,60 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 68,55. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,870 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,000, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan media LKP memberi pengaruh yang signifikan dalam taraf nyata α 0,05 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII SMP N 31 Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN INKUIRI, MEDIA LEMBAR KERJA PRAKTEK |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:19 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:19 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29420 |
