Eliwarti, Eliwarti (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 33 Tangjung Sabar Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELIWARTI_90273_1044_2011.pdf
Download (218kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran
sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengamatan
peneliti pada semester II tahun ajaran 2009/2010 ditemukan hasil belajar operasi
penjumlahan bilangan bulat siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui
penelitian tindakan kelas ini ingin meningkatkan hasil belajar operasi
penjumlahan bilangan bulat dengan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) di Kelas IV SDN 33 Tanjuang Saba Kecamatan Lubuk Begalung
Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.
Subjek penelititan ini adalah siswa kelas IV SDN 33 Tanjuang Saba Kecamatan
Lubuk Begalung Padang yang berjumlah 30 orang, jumlah laki-laki 16 orang dan
perempuan 14 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I
dilaksanakan dalam dua kali pertemuan tatap muka dan siklus II dilaksanakan satu
kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan
perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi serta refleksi. Penilaian yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses, penilaian hasil,
format pencatatan lapangan, rambu-rambu keberhasilan mengajar guru, dan
rambu-rambu analisis karakteristik pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) dari aspek guru dan siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
dianalisis dengan menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar dengan
persentase.
Sebagai kesimpulan pada penelitian ini dengan penggunaan pendekatan
kontekstual pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil tes yang
dicapai pada siklus I mencapai 7,09 dan pertemuan kedua 7,69 dan pada siklus II
menunjukkan hasil yang lebih baik lagi yaitu 8,34. Dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa SDN 33 Tanjuang Saba Kecamatan Lubuk Begalung Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:09 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 03:09 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29408 |
