Ningsih, Yullya Niesa (2011) Pengaruh Penggunaan Mind Map dengan Aplikasi MindGenius terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULLYA_NESA_NINGSIH_83107_2011.pdf
Download (482kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang, terlihat proses belajar mengajar masih kurang optimal. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya penggunaan media dalam menyampaikan materi ajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan bantuan media Mind Map pada siswa kelas VIII Pembangunan Laboratorium UNP Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pada pendekatan quasy eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan bantuan media Mind Map dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media Mind Map. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP, pada tahun ajaran 2010/2011 dan teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposif sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII D (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIIIE (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes . Setelah diperoleh data, kemudian dianalisis menggunakan t-tes yang mana sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut. Dari hasil penelitan rata-rata nilai dari pembelajaran yang menggunakan Mind Map dengan Aplikasi MindGenius (74,6) lebih tinggi dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan Mind Map dengan Aplikasi MindGenius (67,2). Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Mind Map dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TI&K dengan materi pelajaran tampilan menu dan ikon pada MicrosoftExcel 2003 lebih efektif belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media Mind Map dengan Aplikasi MindGenius SMP Pembangunan Laboratorium UNP pada taraf kepercayaan α 0,05
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MIND MAP, APLIKASI MINDGENIUS, MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:09 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 03:09 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29406 |
