Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 6 Padang Tahun Ajaran 2014/2015

Sari, Wulanda Filta (2015) Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 6 Padang Tahun Ajaran 2014/2015. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_WULANDA_FILTA_SARI_55807_2593_2015.pdf] Text
final_B1_11_WULANDA_FILTA_SARI_55807_2593_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecendrungan disiplin
belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif. kemudian untuk
melihat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar serta mengukur keeratan
hubungan kedua variabel tersebut.
Jenis penelitian ini yaitu Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X, kelas XI dan kelas XII Jurusan Tata Kecantikan Rambut
SMK Negeri 6 Padang yang berjumlah 76 orang dan sampel di ambil sebagian
dari populasi. Sebagian instrument untuk mengetahui disiplin belajar siswa
menggunakan angket (kuisioner) yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Teknik analisis data menggunakan Persentase Tingkat Capaian Responden (TCR),
analisis korelasi menggunakan
Korelasi Pearson Product Moment dan
dilanjutkan dengan Uji t untuk analisis kererartian korelasi serta menguji hipotesis
menggunakan yang diajukan yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikansi
antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata pelajaran produktif pada siswa
kelas X, kelas XI dan kelas XII pada taraf kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase tingkat pencapaian
responden pada disiplin belajar 57% dengan kategori Rendah. Sedangkan hasil
belajar mata pelajaran produktif di ketahui rata-rata hasil belajar terendah adalah
65 sedangkan hasil belajar tertinggi adalah 95. Analisis korelasi bivariate sebesar
0,614 dengan menunjukkan terjadi hubungan yang kuat, uji signifikansi korelasi
menunjukkan harga t hitung > t tabel (14,548 > 2,021 ) yang berarti bahwa Ha
yang berbunyi terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mata
pelajaran produktif siswa Jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang
diterima pada taraf signifikansi 95%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:08
Last Modified: 18 Nov 2025 03:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29402

Actions (login required)

View Item
View Item