Candra, Herman (2010) Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Sepakbola SSB Taruna Kapalo Hilalang 2 X 11 Anam Lingkuang Kecamatan Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CANDRA_HERMAN_95129_1915_2011.pdf
Download (539kB)
Abstract
Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
melihat perbedaan hasil metode rangkaian latihan dan metode rangkaian bermain
terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola. Pada penelitian ini yang
merupakan variabel bebas adalah metode rangkaian latihan (X1) dan metode
rangkaian bermain (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan teknik
dasar sepakbola (Y).
Populasi yang digunakan adalah para pemain SSB Taruna Kapalo Hilalang
2 x 11 Anam Lingkuang Kecamatan Kayutanam. Sedangkan penelitian diambil
pada kelompok U – 15 dan teknik pengambilan sampel menggunakan proposive
sampling berjumlah 24 orang. Setelah dilakukan pre test seluruh sampel dibagi
menjadi dua kelompok melalui teknik total ordinaly pairing. Kedua kelompok
tersebut terdiri dari kelompok metode rangkaian latihan dan kelompok metode
rangkaian bermain. Masing-masing kelompok terdiri dara 12 orang.
Teknik Pengumpulan data dilaksanaan dengan melakukan 18 kali
pertemuan, dalam se minggu dan latihan dilaksanakan sebanyak 3 kali. Lamanya
latihan dalam setiap pertemuan adalah 60 sampai 70 menit. Adapun hasil pre test
dan post test yang dicatat adalah rata-rata dari ke empat item teknik yang
diberikan perlakuan dan tes yang digunakan memakai test yang diciptakan oleh
Bontz. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Metode rangkaian
Latihan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar sepakbola.
(2) metode rangkaian bermain berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan
teknik dasar sepakbola. (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara
metode rangkaian latihan dan metode rangkaian bermain terhadap peningkatan
keterampilan teknik dasar sepakbola.
Hasil Penelitian berdasarkan analisis, dengan uji T menghasilkan :
1. Terdapat pengaruh hasil latihan metode rangkaian latihan terhadap
keterampilan teknik dasar sepakbola sebesar 0,66.
2. Terdapat pengaruh hasil latihan metode rangkaian bermain terhadap
keterampilan teknik dasar sepakbola sebesar 1,5.
3. Terdapat perbedaan pengaruh hasil latihan metode rangkaian latihan dan
metode rangkaian bermain terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola
sebesar 0,70.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:59 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29396 |
