Radelani, Rani (2011) Pengaruh Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) Pada Kelas XII TDTL di SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RANI RADELANI-08155-2012.pdf
Download (357kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan data hasil ujian pada pembelajaran SUTM
pada peserta didik kelas XII Jurusan Teknik Distribusi Tenaga Listrik di SMK Negeri
1 Padang tahun ajaran 2009/2010 yang masih kurang memuaskan dan dari hasil
wawancara dengan guru yang mengajar mata pelajaran SUTM bahwa dalam proses
pembelajaran guru tersebut belum menggunakan metode pemberian tugas, maka
dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh pemberian tugas terhadap
peningkatan hasil belajar.
Dalam pelaksanaan penilitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan
desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik
yang sedang mempelajari mata pelajaran SUTM, di SMK Negeri 1 Padang yaitu
sebanyak 44 orang. Dalam penelitian ini digunakan sampel untuk kelas eksperimen
22 orang (XII TDTL A) dan untuk kelas kontrol 22 orang (XII TDTL B). Dalam
pelaksanaan penelitian ini untuk kelas eksperimen diberi perlakuan pemberian tugas
setiap akhir dari pembelajaran sedangkan untuk kelas kontrol tanpa perlakuan
pemberian tugas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar
penguasaan SUTM yaitu post tes. Instrumen tersebut sebelum digunakan terlebih
dahulu diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal, dan daya beda dari setiap
item soal tersebut. Dari hasil uji coba ternyata dari 32 soal yang diuji, yang akan bisa
digunakan untuk menjaring data hasil belajar yaitu 28 soal. Setelah dilakukan post tes
sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas,
dari hasil uji tersebut didapat bahwa data hasil belajar dalam penelitian adalah
berdistribusi normal dan kedua sampel memiliki varians yang homogen.
Kemudian dilakukanlah pengujian hipotesis dengan t-test sampel related dengan
hasil t hitung yaitu sebesar = 2.65, sedangkan untuk t tabel dimana dengan α = 0.05 dan
derajat kebebasan (dk) 42 yaitu =2,015. Untuk kriteria pengujian jika -t tabel ≤ t hitung
≥ + t tabel maka (Ha) diterima, oleh karena itu dari hasil pengujian hipotesis diperoleh
-2,015 < 2.65 > + 2.015, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta
didik mata pelajaran SUTM kelas XII Jurusan TDTL di SMK Negeri 1 Padang yang
diberi tugas akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan
peserta didik yang tidak diberi tugas.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | SALURAN UDARA TEGANGAN MENENGAH ( SUTM ) |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:04 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29383 |
