Emrina, Eliska (2011) Pengaruh Peggunaan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VII.I dan VII.II SMP N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELISKA_EMRINA_78911_2011.pdf
Download (277kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam menyampaikan
materi pelajaran, guru lebih sering menggunakan metode konvesional yakni
pembelajaran yang berpusat pada guru. Peran guru hanya mendiktekan apa yang ada
di dalam buku pelajaran dan menyuruh siswa untuk mencatat dalam buku catatan
mereka sehingga siswa lebih pasif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K). Untuk mengatasi
hal itu di berikan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) yang dapat
membuat siswa jadi lebih aktif dan cepat memahami materi pelajaran serta dapat
menghemat pemakaian waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh dari
penggunaan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII
SMPN 5 Padang.
Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
Kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimen, penelitian ini menggunakan teknik
Purposive Sampling, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII1 dan VII2 SMPN 5 Padang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah
siswa 38 orang kelas eksperimen dan 38 orang kelas kontrol. Jenis data berupa data
primer, Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
tes hasil belajar siswa dan Teknik analisis data adalah perbedaan dua rata-rata nilai
dengan menggunakan uji-t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas sampel.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 76,57,
dan kelompok kontrol 68,42. Dimana kelompok eksperimen yang belajar dengan
menggunakan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) memperoleh
nilai rata-rata “lebih tinggi” dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar
dengan pembelajaran konvensional. Jadi, penggunaan Strategi Thinking Aloud Pair
Problem Solving (TAPPS) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas VII5 SMPN 5 Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:03 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29380 |
