Aryati, Yulia (2014) Modul Pembelajaran Batik Kelas XI SMK Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_YULIA_ARYATI_16678_4757_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian berawal dari
tujuan Sistem Pendidikan Nasional yaitu
peningkatan mutu dan kualitas pendidikan melalui pembaharuan sistem
pendidikan. Peningkatan kualitas pembelajaran ditandai dengan semakin
meningkatnya hasil belajar yang dicapai peserta didik. Ilmu pengetahuan
berkembang sangat cepat, sehingga apabila guru dan peserta didik hanya
mengandalkan buku teks sebagai sumber pembelajaran, materi akan cepat usang.
Oleh karena itu guru dituntut untuk menggunakan sumber lainnya diantaranya
menggunakan modul. Modul sebagai sistem pembelajaran yang efektif, efisien
dan relevan dalam pendidikan yang dirancang untuk dipelajari siswa secara
mendiri dalam mencapai tujuan pendidikan nasional yang telah dirumuskan.
Modul dapat dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar sebagai media efektif
termasuk SMK Negeri 8 Padang. SMK Negeri 8 Padang adalah salah satu sekolah
kejuruan yang belajar mengenai pembuatan kain batik. Berdasarkan pengamatan
pra penelitian bahwa pembelajaran batik belum memenuhi harapan. Hal ini
berkemungkinan peserta didik tidak mempunyai latar belakang dalam hal
pembuatan batik.. Tujuan penelitian ini untuk membuat sebuah media
pembelajaran berupa modul untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, yaitu merancang dan
membuat modul pembelajaran batik, kemudian dilakukan uji validitas,
praktikalitas dan efektifitas. Setiap uji yang dilakukan terdapat lembar validasi
yang menyatakan valid atau tidak. Teknik analisa data terdiri dari analisa
validitas, praktikalitas dan efektifitas. Angket berisikan tentang kepraktisan,
aktifitas dan motifasi siswa. Data angket dianalisis dengan menggunakan skala
Likert.
Dari hasil perolehan data yang didapat skor angket motifasi belajar 3,45,
skor angket praktikalitas 3,64 dan data sebaran perolehan skor tes 83,6. Hal ini
menunjukan bahwa modul pembelajaran batik sangat valid sebagai media
pembelajaran. Diharapkan modul pembelajaran batik ini memberi kemudahan
bagi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 09:11 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29376 |
