Pengaruh Penerapan Belajar Aktif Tipe Bowling Campus dalam Pokok Bahasan Hidrokarbon terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa kelas X SMAN 8 Padang

Agustari, Rani (2012) Pengaruh Penerapan Belajar Aktif Tipe Bowling Campus dalam Pokok Bahasan Hidrokarbon terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa kelas X SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RANI AGUSTARI_05114.pdf] Text
final_B1_RANI AGUSTARI_05114.pdf

Download (459kB)

Abstract

Hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 8 Padang masih banyak di bawah
kriteria ketuntasan minimal (KKM) karena rendahnya minat dan motivasi belajar.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan siswa dalam
pembelajaran dengan menerapkan belajar aktif tipe bowling campus. Bowling campus
dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa karena pada permainan ini
siswa memperoleh reward dan skor. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan
pengaruh penerapan belajar aktif tipe bowling campus terhadap hasil belajar siswa
kelas X SMAN 8 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan
Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMAN 8 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran
2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling, sehingga
terpilih kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Data
penelitian adalah hasil belajar pada ranah kognitif. Instrumen penilaian berupa tes
hasil belajar (multiple choice test). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas dan uji t’, sehingga diperoleh rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen adalah 71,63 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 70,17. Berdasarkan
uji statistik dinyatakan H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran aktif tipe bowling campus lebih tinggi tidak
signifikan dari pada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN BELAJAR AKTIF TIPE BOWLING CAMPUS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 17 Nov 2025 09:11
Last Modified: 17 Nov 2025 09:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29374

Actions (login required)

View Item
View Item