Intany, Dilla (2011) Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas X SMAN 9 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DILLA INTANY_86121_2011.pdf
Download (326kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini diduga disebabkan oleh pembelajaran masih terpusat pada guru. Untuk itu, dilakukan
penelitian dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Apakah pemahaman konsep siswa yang pembelajarannya menggunakan model reciprocal teaching lebih baik daripada
pemahaman konsep siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 9 Padang? 2)Apakah penggunaan model reciprocal teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 9
Padang? Hipotesis yang dirumuskan adalah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model reciprocal teaching lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional pada siswa kelas X SMAN 9 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 9 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Dengan
melakukan langkah-langkah pengambilan sampel maka terpilih kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas X sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes akhir berupa soal essay.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji-t.
2 Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata nilai tes akhir,persentase ketuntasan siswa yang pembelajarannya menggunakan model
reciprocal teaching lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional dan aktivitas siswa cendrung meningkat. Berdasarkan hasil analisis data dapat
disimpulkan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model reciprocal teaching lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching
berpengaruh terhadap aktivitas dan pemahaman konsep pada siswa kelas X SMAN 9 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 09:10 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29371 |
