Manalu, Elisabeth (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas VI SDS Fransiskus Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELISABETH_MANALU_50612_2011.pdf
Download (204kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas VI SDS Fransiskus hasil belajar
IPA masih rendah, hal ini di sebabkan karena pelaksanaan pembelajaran masih
bersifat konvensional penggunaan pendekatan kontekstual merupakan salah satu
solusi agar pembelajaran IPA semakin meningkat
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif data penelitian berupa
kumpulan hasil post tes dan data hasil tindakan perolehan pengamatan, subjek
penelitian siswa kelas VI SDS Fransiskus Bukittinggi yang berjumlah 23 orang
penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan prosedur penelitian yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Dari hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I persentase nilai pada
aspek kognitif 72 % ( cukup ), afektif 73,25 % ( cukup ), dan aspek psikomotor
74,12 % ( cukup ), pada siklus II terjadi peningkatan, dengan persentase nilai
kognitif 83 % ( baik ), afektif 84,20% ( baik ), psikomotor 88% ( baik ).
Dari hasil tersebut dapat di simpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa
peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan
kontekstual si kelas IPA SDS Fransiskus Bukittinggi tercapai dengan baik .
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 09:10 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29366 |
