Pengembangan LKS Untuk Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Fluida Dinamis, Suhu dan Kalor, Serta Teori Kinetik Gas Kelas XI SMAN 1 Padang

Prima, Novelia (2018) Pengembangan LKS Untuk Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Fluida Dinamis, Suhu dan Kalor, Serta Teori Kinetik Gas Kelas XI SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NOVELIA_PRIMA_14033055_394_2018.pdf] Text
B1_05_NOVELIA_PRIMA_14033055_394_2018.pdf

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah fakta bahwa pencapaian
kompetensi pengetahuan siswa di sekolah belum optimal. Salah satu faktor
penyebabnya yaitu kurang optimalnya pelaksanaan praktikum karena keterbatasan
alat dan waktu pelaksanaan. Untuk itu, dibutuhkan satu solusi untuk membantu
pelaksanaan praktikum nyata yaitu dengan melaksanakan praktikum virtual
(virtual laboratory). Telah ada beberapa virtual laboratory terkait materi fisika
yang tersedia di internet seperti phet. Hanya saja belum bisa digunakan oleh siswa
karena tidak ada LKS yang menunjang aplikasi tersebut untuk digunakan pada
kegiatan praktikum. Sehubungan dengan hal tersebut, SMAN 1 Padang memiliki
potensi yaitu fasilitas ICT yang dapat menunjang pelaksanaan kegiatan praktikum
menggunakan virtual laboratory. Untuk itu, peneliti mengembangkan LKS untuk
virtual laboratory melalui ICT untuk menunjang kegiatan praktikum siswa pada
materi fluida dinamis, suhu dan kalor, serta teori kinetik gas kelas XI SMAN 1
Padang.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and development (R&D)
dengan model 4D. Penelitian ini dibatasi sampai langkah ketiga, yaitu define,
design, dan develop. Objek dari penelitian adalah LKS untuk virtual laboratory
melalui ICT pada materi fluida dinamis, suhu dan kalor, serta teori kinetik gas
yang diujicobakan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang. Instrumen
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas,
lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitas. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan
analisis efektivitas produk.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil
penelitian. Pertama, LKS untuk virtual laboratory melalui ICT pada materi fluida
dinamis, suhu dan kalor, serta teori kinetik gas berada pada kategori sangat valid
dengan nilai validasi 84,4. Kedua, kategori kepraktisan LKS untuk virtual
laboratory melalui ICT pada materi fluida dinamis, suhu dan kalor, serta teori
kinetik gas adalah sangat praktis yang ditandai dengan nilai praktikalitas menurut
guru 88,46 dan nilai praktikalitas menurut siswa 86,40. Ketiga, LKS untuk
virtual laboratory melalui ICT pada materi fluida dinamis, suhu dan kalor, serta
teori kinetik gas memiliki nilai efektivitas yang tinggi, dengan nilai analisis n-gain
yaitu 80,98. LKS untuk virtual laboratory melalui ICT pada materi fluida
dinamis, suhu dan kalor, serta teori kinetik gas valid, praktis, dan efektif untuk
digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2025 09:09
Last Modified: 17 Nov 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29364

Actions (login required)

View Item
View Item