Pengaruh Penggunaan LKPD IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Peserta Didik di Kelas VII SMPN 1 Baso

Kurniawan, Novaldi Rahmat (2016) Pengaruh Penggunaan LKPD IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Peserta Didik di Kelas VII SMPN 1 Baso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NOVALDI_RAHMAT_KURNIAWAN_1201422_4768_2016.pdf] Text
B1_05_NOVALDI_RAHMAT_KURNIAWAN_1201422_4768_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
pada kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan di SMPN 1 Baso belum
optimal. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan bahan ajar di SMPN 1 Baso
terfokus pada kompetensi pengetahuan saja. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan
ajar yang dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan
peserta didik. Bahan ajar yang dapat digunakan salah satunya berupa lembar
kerja peserta didik IPA terpadu berbasis pendekatan saintifik. Oleh sebab itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik
IPA terpadu berbasis pendekatan saintifik terhadap kompetensi peserta didik
kelas VII SMP Negeri 1 Baso.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Experiment Research dengan
rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah
semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baso yang terdaftar pada Tahun Pelajaran
2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.
Sampel penelitian adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk
kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap untuk kompetensi sikap, dan
lembar penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data
menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05.
Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen
dan kelas kontrol berturut-turut pada kompetensi pengetahuan yaitu 83,49 dan
77,59, pada kompetensi sikap spiritual yaitu 83,14 dan 79,62, pada kompetensi
sikap sosial yaitu 81,86 dan 78,19, serta pada kompetensi keterampilan yaitu
80,76 dan 77,09. Data untuk kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan
masing-masing kelas sampel terdistribusi normal dan keduanya mempunyai
varians yang homogen, sehingga dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji
t. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai thitung untuk kompetensi pengetahuan
yaitu 2,7, kompetensi sikap spiritual dan sosial yaitu 2,35 dan 2,89, serta
kompetensi keterampilan ialah 2,35 dengan nilai ttabel = 2,02, sehingga nilai uji t
kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan berada di luar penerimaan Ho.
Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan LKPD
IPA terpadu berbasis pendekatan saintifik terhadap kompetensi peserta didik di
kelas VII SMPN 1 Baso.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2025 09:09
Last Modified: 17 Nov 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29360

Actions (login required)

View Item
View Item