Yuneta, Yuneta (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Membuat Sulaman Kepala Peniti untuk Hiasan Dinding melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievemet Division (STAD) di SMPN 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_YUNETA_51254_2012_4483.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan pada pembelajaran membuat sulaman kepala
peniti di SMPN 2 Payakumbuh terdapat gejala yang menunjukkan rendahnya
motivasi belajar siswa, disebabkan penerapan metode pembelajaran yang kurang
tepat, karena guru dalam proses pembelajaran belum menerapkan metode
pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian adalah meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam membuat sulaman kepala peniti untuk hiasan dinding melalui
model pembelajaran cooperative tipe STAD di SMP N 2 Payakumbuh
Motivasi belajar siswa dalam penelitian ini dapat dilihat dari tiga indikator
yaitu: Semangat siswa, ulet, dan usaha belajar, dalam membuat sulaman kepala
peniti. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari II
siklus.Satu siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dalam satu kali pertemuan 2x40
menit. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 2 Payakumbuh, yang berjumlah 20
orang siswa dalam kelas pengembangan diri.Teknik pengumpulan data yang
digunakan observasi dan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada
indikator: semangat dan berkerja keras siswa dalam membuat hiasan dinding
dengan sulaman kepala peniti, pada siklus I semangat siswa yang tinggi 43%,
sedang 45%, rendah 18%, dan meningkat pada siklus II yang tinggi siswa 80%,
sedang 10%, rendah 10%. Ulet dalam membuat hiasan dinding dengan sulaman
kepala peniti, pada siklus I siswa yang tinggi 58%, sedang 28%, rendang 13%, dan
meningkat pada siklus II siswa yang tinggi 90%, sedang 10%, rendah 3%. Usaha
belajar dalam membuat hiasan dinding dengan sulaman kepala peniti, pada siklus
I siswa yang tinggi 51%, sedang 33%, rendah 15%, meningkat pada siklus II
siswa yang tinggi 90%, sedang 8%, dan rendah 2%. Jadi rata-rata persentase pada
tiga indikator tersebut pada siklus I motivasi siswa yang tinggi 51%, sedang 35%,
rendah 15% dan meningkat motivasi siswa pada siklus II yang tinggi 86%, sedang
8%, rendah 5%. Berarti motivasi belajar siswa sudah tercapai, dengan target
pencapaian yang sudah ditetapkan yaitu 80%. Jadi dengan model pembelajaran
cooperative tipe STAD dalam proses pembelajaran dapat meningkat motivasi
belajar siswa, dalam membuat sulaman kepala peniti untuk hiasan dinding
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 09:08 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29359 |
