Buya Ahmad Dalwi Tuanku Labai Sinaro:Studi Tentang Pola Pendidikan Modern di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-ringan Kabupaten Padang Pariaman.

Bestari, Deki (2011) Buya Ahmad Dalwi Tuanku Labai Sinaro:Studi Tentang Pola Pendidikan Modern di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-ringan Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEKI_BESTARI_42822_1562_2011.pdf] Text
final_B1_DEKI_BESTARI_42822_1562_2011.pdf

Download (232kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan kajian biografi tematis dengan mengangkat tokoh agamaBuya Ahmad Dalwi Tuanku Labai Sinaro. Kajian dalam skripsi ini mengambarkantentang realita dan seluk beluk seorang ulama pendidik yang telah menanamkan ide dangagasan dalam melakukan usaha memajukan pendidikan Islam di Pondok pesantrenNurul Yaqin Ringan-ringan, menganti sistem klasikal dengan menerima perempuan sanmengabungkan dengan murid laki-laki dalam kelas yang sama dan mendirikan cabangcabang pesantren ini. Dalam penulisan ini penulis membahas permasalahan tentangbagaimana peranan Buya Ahmad Dalwi Tuanku Labai Sinaro dalam pembaharuanpendidikan Islam di Pondok pesantren Nurul Yaqin Ringan-ringan Pakandangan?Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan tentang kehidupan Buya AhmadDalwi Tuanku Labai Sinaro adalah mengenal lebih dekat tentang seorang tokoh ulamayang telah memberikan sumbangan pemikiran dalam usaha pembaharuan yang dapatmeningkatkan dan mengiatkan pendidikan Islam di pesantren Nurul Yaqin Ringanringan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah denganpendekatan kualitatif yang dilakukan dengan beberapa tahap. Tahap pertama heuristik,yaitu mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan dengan memanfaatkansumber-sumber primer seperti foto-foto keluarga dan wawancara. Wawancara dilakukandengan beberapa orang informan yaitu keluarga (anak dan istri), karib kerabat dari BuyaAmad Dalwi, alumni-alumni dan guru pesantren Nurul Yaqin Ringan-ringan serta orangorang yang mengetahui tentang beliau. Data sekunder berasal dari buku-buku dan skripsiyang menunjang sumber primer. Tahap kedua kritik sumber, yaitu melakukan pengujiandata melalui kritik eksternal dan internal. Tahap ketiga yaitu analisis dan interprestasi(penafsiran kembali) data-data yang didapat dan tahap terakhir adalah mendeskripsikandata dalam bentuk tulisan ilmiah.Dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa Buya Ahmad Dalwi Tuanku LabaiSinaro lahir dari keluarga yang benar-benar memperhatikan pendidikan dan peduli akanperkembang pendidikan Islam. Dengan berbagai usaha dan upaya Buya Ahmad Dalwimeningkatkan dan memajukan Pondok pesantren Nurul Yaqin serta membangun danmendirikan cabang pesantren Nurul Yaqin. Dari perjalanan hidup Buya Ahmad Dalwiitu, dapat disimpulkan bahwa ia berusaha tetap konsisten dengan prinsipnya, untukmengabdikan diri pada bangsa dan negara, ada banyak cara yang dapat dilakukan salahsatunya melalui pendidikan. Untuk memajukan pesantren Nurul Yaqin, beliaumemasukan gagasan dan ide-ide modern ke dalam pesantren Nurul Yaqin, sehinggapesantren Nurul Yaqin mampu bersaing dengan pesantren lainnya dan terus diminatisampai sekarang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN MODERN, PONDOK PESANTREN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2025 07:01
Last Modified: 17 Nov 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29349

Actions (login required)

View Item
View Item