Yuswarni, Yuswarni (2013) Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Kompetensi Menghias Taplak Meja dengan Sulaman Pita melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di SMPN 2 Kecamatan Suliki. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_YUSWARNI_52797_5245_2013.pdf
Download (480kB)
Abstract
Berdasarkan observasi dan pengalaman mengajar pada kompetensi
menghias taplak meja dengan hiasan sulaman pita SMP Negeri 2 Kecamatan
Suliki ditemukan bahwa siswa kurang bisa membentuk bunga dalam membuat
sulaman pita, siswa kurang mampu membuat daun pada sulaman pita, siswa
kurang memahami tata letak motif dan siswa tidak percaya diri untuk bertanya
pada guru maupun pada siswa yang lain. Hal tersebut dimungkinkan karena model
pembelajaran yang belum tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa dalam menghias taplak meja dengan sulaman pita melalui
model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di SMP N 2 Kecamatan
Suliki.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang
dilaksanakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII.3 pada kompetensi menghias taplak meja dengan sulaman pita.
Subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan
lembar observasi dan hasil evaluasi. Data yang dikumpulkan dianalisa dengan
teknik persentase.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa
meningkat dari 34,4% pada siklus pertama menjadi 81,25% pada siklus kedua.
Sementara itu untuk aktivitas belajar siswa didapatkan peningkatan dari 66% atau
kategori kurang aktif pada siklus pertama menjadi 85,75% atau kategori aktif pada
siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
kelas VIII pada kompetensi menghias taplak meja dengan sulaman pita di SMP
Negeri 2 Kecamatan Suliki. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa
model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat diterapkan pada
proses pembelajaran.
i
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:59 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29336 |
