Zengga, Zengga (2013) Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Grand Inna Muara Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_ZENGGA_99116_5166_2013.pdf
Download (591kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap tingkat hunian kamar
di Hotel Grand Inna Muara Padang yang mengalami penurunan dari bulan ke bulan,
ini diduga oleh keputusan pembelian jasa kamar oleh konsumen tidak stabil selama
bulan Januari – April tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan brand image dengan keputusan pembelian jasa kamar di Hotel Grand Inna
Muara Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Grand Inna Muara Padang.
Populasi dari penelitian ini berjumlah 1694 orang pada bulan Juli 2013 dengan
jumlah rata-rata diproyeksikan ditinjau dari bulan Januari-April 2013. Teknik
pengambilan sampel adalah non probability sampling, yaitu metode sampling yang
tidak memberikan kesempatan yang sama bagi setiap populasi untuk dipilih menjadi
sampel, dengan mengunakan sampel insidental yaitu siapa saja secara kebetulan
bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebgai sampel dengan kategori cocok
sebagai sumber data. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 orang. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan
mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya
data dianalisis melalui analisis deskripsi dan korelasi dengan bantuan Program
Komputer SPSS versi 18.00.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa untuk: (1) brand image,
dengan indikator citra produsen, citra konsumen dan citra produk menunjukkan
sebanyak 52 orang (56%) termasuk dalam kategori baik, 31 orang (33%) termasuk
dalam kategori cukup. (2) keputusan pembelian dengan indikator pengenalan
kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian dan
perilaku sesudah membeli, sebanyak 36 orang (38%) termasuk dalam kategori baik,
24 orang (26%) termasuk dalam kategori cukup. (3) Hasil uji Korelasi Pearson
Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif cukup kuat dan
signifikan antara brand image dengan keputusan pembelian jasa kamar oleh
konsumen di Grand Inna Muara Padang dengan rhitung 0,254 berada pada rtabel >0,25 - 0,5 dan pada taraf Sig 0,014. Artinya semakin baik penilaian konsumen terhadap
brand image hotel maka semakin tinggi keputusan pembelian jasa kamar di Hotel
Grand Inna Muara Padang. Disarankan kepada pihak manajemen agar tetap menjaga
brand image hotel Grand Inna Muara sehingga akan meningkatkan keputusan
pembelian jasa kamar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Hospitality > Hoaspitality Management |
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:59 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29335 |
