Yunimas, Elia (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Buku cerita Bergambar bagi Siswa Kelas I SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELIS_YUNIMAS_96426_2011.pdf
Download (98kB)
Abstract
Untuk mengatasi masalah rendahnya kemampuan membaca permulaan
siswa SD Pembangunan Laboratorium UNP maka dilakukan penelitian
Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui buku cerita bergambar.
Rumusan masalahnya Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca
permulaan melalui buku cerita bergambar bagi siswa kelas I SD laboratorium
Pembangunan UNP?
Metode Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
dirancang dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I A
SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Data penelitian
berupa data perencanaan; pelaksanaan dalam tahap prabaca, saatbaca,
pascabaca; pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
membaca permulaan melalui buku cerita bergambar bagi siswa kelas I SD
Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Hal ini terlihat dari
hasil siklus I nilai rata-rata 71 dan siklus 2 nilai rata-rata 81. Siswa yang
semula enggan membaca menjadi suka membaca, gembira, senang, dan
termotivasi. Kemampuan membacanya menjadi lancar. Oleh sebab itu
disarankan agar guru menggunakan buku cerita bergambar untuk peningkatan
kemampuan membaca siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:59 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29334 |
