Elinur, Elinur (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Waktu pada Siswa melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning Kelas V SD Negeri 14 Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELINUR_90491_4381_2011.pdf
Download (195kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya masalah dengan masih belum
mampunya siswa dalam menyelesaikan perhitungan pengukuran waktu. Siswa
belum bisa membaca dan menulis soal matematika dari waktu dan belum bisa
menentukan waktu dari sebuah jam. Untuk mengatasinya, dalam penelitian ini akan
digunakan pendekatan Contextual Learning Teaching (CTL). Dengan demikian,
pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran waktu
melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V SD Negeri 14 Kecamatan Pauh Kota
Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom action
research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas dan teman
sejawat. pada 12 orang siswa kelas V SD Negeri 14 Kecamatam Pauh Kota Padang.
Data diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Kemudian
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha meningkatkan hasil belajar
pengukuran waktu melalui pendekatan CTL digambarkan dari membuat
perencanaan, pelaksanaan dan hasil. 1) Perencanaan menjabarkan standar
kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, alat/sumber, pendekatan
proses pembelajaran dan penilaian. 2) Pelaksanaan dilakukan dalam dua siklus
masing-masing dua kali pertemuan dengan menggunakan langkah-langkah CTL
yakni: melakukan konstruktivisme, inkuiri, kembangkan sinkap ingin tahu siswa,
masyarakat belajar, permodelan, refleksi dan penilaian. 3) Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh 1 orang memperoleh nilai kategori K
(kurang), 2 orang memperoleh nilai C (cukup), 6 orang mendapat nilai kategori B
(baik), 2 orang mendapat nilai kategori SB (sangat baik) dengan ketuntasan 75%
sampai pada pertemuan 2. Pada siklus II diperoleh siswa mendapat nilai kategori B
(baik) 5 orang, mendapat nilai kategori SB (sangat baik) 7 orang dengan ketuntasan
siswa 11 orang sudah mencapai 91,67%. Dari hasil penyajian data dapat
disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil
belajar pengukuran waktu pada siswa kelas V SDN 14 Kecamatan Pauh Padang.
Dengan demikian, dapat disarankan sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk
dapat menggunakan pendekatan CTL dalam pembelajaran lainnya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:59 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29333 |
