Elinisfa, Elinisfa (2011) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD Bagi Siswa Kelas V SDN 03 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELINISFA_90225_2011.pdf
Download (362kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang
diberikan guru kurang diminati siswa, karena pembelajaran masih berpusat
kepada guru sehingga siswa menjadi bosan, tidak serius dalam mengikuti
pelajaran matematika sehingga nilai menjadi rendah. Oleh sebab itu peneliti iingin
memperbaiki pembelajaran dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan
kooperatif tipe STAD yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran
matematika dan hasil belajar siswa di kelas V SDN 03 Simpang Haru Kecamatan
Padang Timur Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan tes. Dalam pendekatan
STAD siswa ditempatkan dalam kelompok belajar beranggotakan 4 atau 5 orang
siswa yang merupakan campuran dari kemampuan akademik yang berbeda
sehingga dalam setiap kelompok terdapat siswa yang berprestasi tinggi, sedang,
dan rendah. Adapun langkah-langkah STAD adalah: penyajian materi, membagi
siswa dalam kelompok, melaporkan hasil kerja kelompok, memberikan kuis,
memerikasa kuis, dan memberikan penghargaan kepada kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian dengan pendekatan STAD dapat meningkatkan
proses pembelajaran matematika di kelas V SDN 03 Simpang Haru Kecamatan
Padang Timur Kota Padang itu dapat dilihat pada persentase ketuntasan siswa
aspek psikomotor siklus I dan II adalah 71,37%, aspek afektif pada siklus I dan II
adalah 66,23% dan aspek psikomotor pada siklus I dan II adalah 66,85%. Dengan
demikian pendekatan kooperatif tipe STAD dapat digunakan pada siswa kelas V
SDN 03 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur Kota Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:57 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29324 |
