Perbedaan Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Painan dengan Menggunakan Teks Cerpen dan Tanpa Teks Cerpen

Rafila, Randi (2011) Perbedaan Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Painan dengan Menggunakan Teks Cerpen dan Tanpa Teks Cerpen. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RANDI_RAFILA_86369_5095_2011.pdf] Text
final_B1_RANDI_RAFILA_86369_5095_2011.pdf

Download (965kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hal berikut. Pertama,
keterampilan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan menulis teks drama dengan
menggunakan teks cerpen. Kedua, keterampilan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan
menulis teks drama tanpa teks cerpen. Ketiga, perbedaan keterampilan menulis teks
drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan dengan menggunakan teks cerpen dan
tanpa menggunakan teks cerpen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode
eksperimen semu. Data penelitian ini, yaitu (1) teks drama siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Painan Menggunakan Teks Cerpen dan (2) teks drama siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Painan Tanpa Teks Cerpen. Data penelitian diperoleh melalui tes menulis
teks drama dengan menggunakan teks cerpen dan tanpa teks cerpen. Data dianalisis
dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, membaca hasil karangan siswa.
Kedua, memeriksa hasil teks drama siswa sesuai dengan indikator. Ketiga, mengubah
skor mentah menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase. Keempat,
menafsirkan rata-rata keterampilan menulis teks drama siswa dengan menggunakan
teks cerpen dan tanpa teks cerpen, Kelima, mengklasifikasikan rata-rata keterampilan
menulis teks drama siswa dengan menggunakan teks cerpen dan tanpa teks cerpen,
dan membuat histogram per indikator yang dinilai. Keenam, menganalisis perbedaan
keterampilan menulis teks drma siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan dengan
menggunakan teks cerpen dan tanpa teks cerpen. Ketujuh, melakukan uji
homogenitas. Kedelapan, menganalisis dan membahas data penelitian. Kesembilan,
menyimpulkan temuan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut.
Pertama, keterampilan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan
dengan menggunakan teks cerpen berada dalam kualifikasi baik (85.67). Kedua,
keterampilan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan tanpa
menggunakan teks cerpen berada dalam kualifikasi lebih dari cukup (76.56). Ketiga,
terdapat perbedaan antara keterampilan menulis teks drama siswa dengan
menggunakan teks cerpen dan tanpa teks cerpen. Perbedaan ini terlihat pada taraf
signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan n-2 yaitu t hitung yang diperoleh adalah
3,08 dan t tabel = 1,70. dalam arti thitung lebih besar dari ttabel

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERBEDAAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:57
Last Modified: 17 Nov 2025 06:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29322

Actions (login required)

View Item
View Item