Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Thawalib Padusunan Kota Pariaman

Zulmiati, Zulmiati (2011) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Thawalib Padusunan Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZULMIATI-94322-2011.pdf] Text
final_B1_ZULMIATI-94322-2011.pdf

Download (239kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan
dilapangan yaitu di MTsN Thawalib Padusunan Kota Pariaman , masih
banyaknya siswa kelas VIII yang memperoleh hasil belajar di bawah standar
kriteria minimum pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 70 dengan rentangan 0 - 100. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat pengaruh media pembelajaran dengan hasil belajar
konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Thawalib Padusunan Kota Pariaman
TP. 2010/2011 Penarikan sampel dilakukan dengan random sampling dan yang
menjadi sampel adalah kelas VIII1
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 kelas
kontrol. Kompetensi Dasar untuk kedua kelas adalah membuat dokumen
pengolahan angka sederhana. Data dalam penelitian ini berasal dari hasil belajar
siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Data tersebut diolah dengan
menggunakan rumus t-tes.
Dari hasil uji hipotesis dengan t-test diperoleh hasil rata-rata kelas yang
menggunakan Media Pembelajaran CD Interaktif (kelas eksperimen) 82.88
(84.37%) lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan Media
Pembelajaran CD Interaktif (kelas kontrol) 73 (59.37%). Hal ini berarti hipotesis
penelitian (H1) diterima yaitu adanya perbedaan antara suatu kondisi dengan
kondisi lainnya yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil
belajar TIK siswa yang menggunakan Media Pembelajaran CD Interaktif (kelas
eksperimen) dibandingkan dengan siswa hasil belajar kelompok kontrol yang
tidak menggunakan Media Pembelajaran CD Interaktif. Dengan demikian dapat
disimpulkan penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif memberikan
pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK di
MTsN Thawalib Padusunan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CD INTERAKTIF, KONVENSIONAL, KONTROL DAN EKSPERIMEN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:57
Last Modified: 17 Nov 2025 09:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29319

Actions (login required)

View Item
View Item